Kenali 5 Perbedaan Kopi Bubuk vs Instan sebelum Membuat Dalgona Coffee - Noung Jelly

Kenali 5 Perbedaan Kopi Bubuk vs Instan sebelum Membuat Dalgona Coffee

1 minggu yang lalu

Keseruan membuat dalgona coffee yang dilakukan saat physical distancing membuat semua orang mencoba meracik sendiri kopi ala Korea ini. Meskipun cara membuatnya terlihat sangat mudah dan praktis, faktanya banyak yang tidak berhasil membuat kopi yang sesuai dengan resep. Hal ini bisa disebabkan oleh kesalahan dalam memilih jenis kopi yang digunakan.

Ada perbedaan antara jenis kopi bubuk dan kopi instan yang ternyata perlu dipahami terlebih dahulu. Dalam segi kepraktisan, kopi instan lebih mudah diseduh dan tidak meninggalkan ampas.

Mau tahu perbedaan dari kopi bubuk dan kopi instan yang ternyata berpengaruh pada hasil akhir resep dalgona coffee? Berikut perbedaan dari dua jenis kopi ini.

 

1. Kopi instan terbuat dari kopi bubuk yang telah diseduh

Jika kamu benar-benar pencinta kopi sejati, tentu dapat lebih mudah membedakan antara kopi bubuk dan kopi instan dari cara membuatnya. Kopi bubuk terbuat dari biji kopi kering yang dihaluskan, lalu dapat diseduh secara langsung. Aroma kopinya pun lebih kuat dan terasa.

Tak banyak orang tahu bahwa kopi instan terbuat dari ekstrak kopi bubuk, bukan dari biji kopi secara langsung. Kopi instan diproses dari seduhan kopi bubuk yang kemudian dikeringkan, lalu dipadatkan dengan proses yang cukup panjang. Baru setelah itu dikemas dan dipasarkan sesuai rasa yang telah diracik.

2. Kopi bubuk memiliki ampas, sehingga tidak cocok untuk dalgona coffee

Ketika kamu membuat dalgona coffee dengan kopi bubuk, ampas kopi akan tertinggal dalam cangkirmu. Kopi bubuk mengandung serat yang tidak bisa larut dalam air. Berbeda dengan kopi instan yang tidak menyisakan ampas saat dibuat kopi dalgona. Saat mengocoknya, kopi kamu akan gagal karena ampas dari kopi bubuk yang tidak larut.

Hal ini membuktikan bahwa kopi instan memang terbuat dari kopi yang diekstraksi sebelumnya, sehingga tidak meninggalkan ampas. Aroma kopi bubuk lebih kuat dan kepekatan larutan lebih kental daripada kopi instan. Jika kamu menggunakan kopi instan, perhatikan jenisnya agar dalgona coffee yang dibuat tidak gagal.

3. Kopi bubuk punya kandungan kafein lebih tinggi

 

Sesuai dengan cara mengolahnya, kopi bubuk tentu memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi dibandingkan kopi instan. Biji kopi yang dihaluskan langsung dan diseduh tanpa proses ekstraksi menyebabkan kandungan kafein dalam kopi masih tinggi. Ketika bubuk kopi tersiram air panas, maka kafein akan terlarut dalam kopi tersebut.

Kopi instan yang dibuat dari seduhan kopi bubuk dengan proses ekstraksi memiliki kadar kafein yang lebih rendah. Kadangkala, kopi instan menambah bahan lain untuk menguatkan aroma kopi agar tetap terasa saat diseduh.

 

4. Kopi bubuk dibanderol dengan harga yang lebih mahal

Jika membandingkan harga kopi bubuk dan kopi instan, tentu semua orang sudah bisa menebak perbedaannya. Kopi bubuk dibanderol dengan harga yang lebih mahal dari kopi instan. Biasanya, pencinta kopi bubuk lebih suka membeli biji kopi untuk kemudian diolah sendiri di rumah.

Bagi sebagian orang mengolah biji kopi sangatlah tidak mudah dan membutuhkan mesin kopi yang tidak murah. Jadi, kopi instan menjadi alternatif untuk menikmati kopi dengan mudah. Apalagi kopi instan tidak memiliki ampas yang sangat pas dijadikan bahan dalgona coffee.

5. Biasanya kopi instan terbuat dari jenis robusta

Kebanyakan kopi instan terbuat dari kopi robusta yang memiliki harga lebih murah. Jenis kopi robusta cukup memberikan aroma yang kuat dan sedikit lebih pahit. Selain itu, jenis kopi ini menyatu dengan susu, gula, dan krimer sebagai pemanis pada kopi. Dalgona coffee yang dibuat lebih baik memilih jenis kopi robusta agar rasanya lebih nikmat.

Jika dibandingkan dengan jenis arabika, kafein yang terkandung dalam robusta lebih tinggi. Selain itu, rasa kopi arabika lebih asam dan tidak pas untuk dijadikan dalgona coffee. Lemak yang terkandung dalam kopi robusta lebih rendah dibandingkan dengan kopi arabika. Inilah yang membuat kopi instan yang berjenis robusta pas untuk dijadikan minuman kekinian yang lebih praktis.

Nah, itulah perbedaan kopi instan dan kopi bubuk yang perlu diketahui sebelum membuat dalgona coffee yang pas. Jadi menurutmu, lebih baik kopi bubuk atau kopi instan?

 

Sumber : https://www.idntimes.com/food/diet/nurul-aulia/kenali-5-perbedaan-kopi-bubuk-vs-instan-c1c2/5